Kecamatan Kismantoro Raih Penghargaan Badan Publik Kategori OPD Informatif.

Berhasil implementasikan Keterbukaan Informasi Publik, Kecamatan Kismantoro meraih penghargaan predikat OPD Infomatif dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Kabupaten Wonogiri Tahun 2022.  Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan penganugerahan Wonogiri Innovation Award (WIA) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (21/12/22).

Kecamatan Kismantoro berhasil mendapatkan predikat Informatif didasarkan pada implementasi Keterbukaan Informasi dalam menyajikan data dan informasi. Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama yang melibatkan tim penilai dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan informasi publik di badan publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Ada 53 Badan Publik Organisasi Perangkat Daerah melalui PPID Pelaksananya. Penilaian  didasarkan pada keterbukaan dan ketersediaan informasi publik di website Perangkat Daerah PPID Pelaksana dan komitmen Perangkat Daerah dalam melaksanakan pembinaan Layanan informasi Publik di lingkungan kerjanya. Instrumen penilaian meliputi kuisioner mandiri dan presentasi pimpinan kepala perangkat daerah (OPD). Monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 ini menghasilkan sejumlah perangkat daerah yang memperoleh predikat kategori “INFORMATIF”, diantaranya adalah :

  1. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri;
  2. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Wonogiri;
  3. Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri (BPKD) Kabupaten Wonogiri;
  4. Dinas Sosial (DINSOS) Kabupaten Wonogiri;
  5. Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri (Dinas Pmptsp) Kabupaten Wonogiri;
  6. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri (Dinas P&K) Kabupaten Wonogiri;
  7. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri (SATPOL PP) Kabupaten Wonogiri;
  8. Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Kabupaten Wonogiri;
  9. Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri;
  10. Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri;
  11. Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri;
  12. Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri;

Salah satu tujuan penting implementasi keterbukaan informasi bagi Badan Publik adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga reputasi dan kepercayaan publik terhadap Badan Publik akan meningkat. Selain itu, Badan Publik dapat mengetahui dan menggunakan sebagai bahan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.
Harapan kedepan dapat memenuhi amanah UU Keterbukaan Informasi Publik dengan berpartisipasi secara aktif untuk menyediakan informasi kepada masyarakat baik mengenai proses pelayanan, proses tindak lanjut informasi umum yang bersifat serta merta maupun standar lainnya sebagaimana dimuay dalam UU Keterbukaan Informasi Publik. Semua perangkat Daerah di Kabupaten Wonogiri harus terus menggelorakan semangat keterbukaan dan akuntabilitas informasi untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan Wonogiri yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *